IPA Terpadu

Kumpulan blog belajar anak indonesia terpadu saat ini

Tulang tengkorak

Tulang tengkorak adalah tulang kerangka kepala yang berfungsi melindungi otak. Semua penyusun tulang tengkorak adalah tulang pipih. Tulang-tulang sangat saling menyambung bembentuk rongga yang disebut rongga otak. Didalam rongga tersebut tersimpan otak.
Rongga otak mempunyai permukaan atas yang disebut kubah tengkorak. Kubah tersebut mempunyai bagian atas yang licin. Permukaan bawah rongga adalah dasar tengkorak yang berlubang-lubang sehingga dapat dilalui oleh serabut saraf dan pembuluh darah.
Tulang pipih yang menyusun tengkorak dihubungkan oleh sendi mati sehingga susunannya sangat rapat. Sebagai besar tulang tengkorak tidak dapat digerakkan, kecuali tulang rahang bawah dan tulang rahang atas.
Tulang tengkorak dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
a. Tulang pelindung otak (kranium) terdiri atas delapan tulang, tersusun dari tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang tapis, tulang baja, tulang pelipis, dan tulang kepala bagian belakang.
b. Tulang pembentuk wajah terdiri dari 14 tulang, tersusun dari tulang rahang atas, tulang rahang bawah, tulang hidung, tulang pipi, tulang air mata, tulang langit-langit dan tulang lidah.
Tulang-tulang tengkorak pada bayi
belum berkaitan secara erat antara yang satu dan lainnya. Pada daerah tersebut terdapat tulang rawan yang masih lunak yang disebut ubun-ubun
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Tulang tengkorak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://xillem.blogspot.com/2011/12/tulang-tengkorak.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Adi The best -