IPA Terpadu

Kumpulan blog belajar anak indonesia terpadu saat ini

pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan


Pertumbuhan dan perkembangan sangat sulit untuk dibedakan. Hal ini disebabkan proses berlangsungnya pertumbuhan dan perkembangan terjadi bersamaan.
Pertumbuhan pada tumbuhan merupakan pertambahan volume dan jumlah protoplasma dari sel yang bersifat tak terbalikkan. Pertambahan ukuran sel terjadi karena adanya pembelahan secara mitosis dari titik tumbuh pada ujung akar dan batang sehingga menyebabkan tumbuhan menjadi lebih tinggi dan besar. Pertumbuhan pada tumbuhan dapat diukur dengan alat yang disebut busur pertumbuhan (auksanometer).
Secara umum, pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diawali dari zigot yang merupakan hasil dari pembuahan sel kelamin betina dan sel kelamin jantan. Pembelahan zigot tersebut menghasilkan jaringan meristem yang akan terus membelah dan mengalami diferensiasi. Diferensiasi adalah perubahan yang terjadi dari keadaan sejumlah sel kemudian membentuk organ dengan struktur dan fungsi yang berbeda.
Berdasarkan aktivitasnya, daerah pertumbuhan pada akar dan batang tumbuhan dibagi menjadi 3 daerah, yaitu sebagai berikut :
a. Daerah pembelahan, sel-sel didaerah tersebut aktif membelah (meristematik)
b. Daerah pemanjangan, berada dibelakang daerah pembelahan.
c. Daerah diferensiasi, daerah paling belakang dari daerah pertumbuhan. Sel-sel mengalami diferensiasi membentuk organ sebenarnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://xillem.blogspot.com/2011/12/pertumbuhan-dan-perkembangan-pada.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Adi The best -