IPA Terpadu

Kumpulan blog belajar anak indonesia terpadu saat ini

pengertian pertumbuhan dan perkembangan

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan adalah proses perubahan ukuran tubuh makhluk hidup, baik itu tumbuhan, hewan, maupun manusia. Dalam proses tersebut terjadi pertumbuhan dan pembesaran sel-sel tumbuh yang bersifat irreversible (tak terbalikkan kebentuk semula). Pertumbuhan makhluk hidup dapat diukur dari segi kuantitatif, seperti berat dan tinggi.
Pertumbuhan pada tumbuhan berbeda dengan pertumbuhan pada manusia dan hewan. Pada tumbuhan, pertumbuhannya tidak terbatas terhadap waktu dan umur dengan syarat semua kebutuhan untuk tumbuh tercukupi, sedangkan manusia dan hewan memiliki masa pertumbuhan yang terbatas.
Perkembangan adalah perubahan bentuk makhluk hidup menuju fase kedewasaan. Proses tersebut ditandai dengan berfungsinya alat-alat produksi. Perkembangan dapat diukur dari segi kualitatif, seperti kemampuan untuk bereproduksi pada tumbuhan yang ditandai dengan mulai berbunga, berbuah, dan menghasilkan alat perkembangbiakan berupa biji. Pada manusia dan hewan, perkembangan ditandai dengan mulai matangnya sel-sel kelamin dan munculnya ciri-ciri kelamin sekunder.


Sumber IPA Terpadu kelas VIII
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul pengertian pertumbuhan dan perkembangan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://xillem.blogspot.com/2011/12/pengertian-pertumbuhan-dan-perkembangan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adinew -