IPA Terpadu

Kumpulan blog belajar anak indonesia terpadu saat ini

Hukum hukum gaya

Sir Isaac Newton
Tahun 1687 ilmuwan Fisika berkebangsaan Inggris Sir Isaac Newton, telah berhasil menemukan hubungan antara gerak dan gaya. Dari hasil penelitiannya, Newton merumuskan tiga hukum mengenai gerak dan gaya yang lebih dikenal dengan nama Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Berikut ini adalah ketiga jenis hukum Newton yang berhasil dirumuskan oleh Sir Isaac Newton.
  1. Hukum 1 Newton
    Hukum pertama Newton tentang gerak menyatakan bahwa“sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan tetap akan terus bergerak dengan kecepatan tersebut kecuali ada gaya resultan bekerja pada benda itu. Jika sebuah benda dalam keadaan diam, benda tersebut tetap diam kecuali ada gaya resultan yang bekerja pada benda itu.”Hukum I Newton juga menggambarkan sifat benda yangselalu mempertahankan keadaan diam atau keadaanbergeraknya yang dinamakan inersia atau kelembaman. Oleh karena itu, Hukum I Newton dikenal juga dengan sebutan Hukum Kelembaman.
    Contoh:
    Kita terdorong ke depan ketika bus tiba- tiba direm atau terdorong ke belakang ketika bus bergerak maju secara mendadak.
    ∑F = 0
  2. Hukum 2 Newton
    Newton merumuskan Hukum II Newton sebagai berikut: “Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya dan berbanding terbalik massa benda.”
    Keterangan:
    F = resultan gaya (Newton).
    m = massa benda (kg).
    a = percepatan benda (Newton/kg).
  3. Hukum 3 Newton
    Hukum 3 Newton menyatakan bahwa: “Jika kamu memberikan gaya pada suatu benda (gaya aksi), kamu akan mendapatkan gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan (gaya reaksi) dengan gaya yang kamuberikan.”
    F aksi = – F reaksi
    Gaya aksi dan reaksi tersebut memiliki besar yang sama,tetapi berlawanan arah dan bekerja pada dua benda yangberbeda.
    Contoh:
    Penyelam dapat berenang di dalam laut karena kaki dan tangan penyelam mendorong air ke belakang (gaya aksi) sehingga badan penyelam terdorong ke depan sebagai gaya reaksi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmuan dengan judul Hukum hukum gaya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://xillem.blogspot.com/2012/09/hukum-hukum-gaya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adinew -