IPA Terpadu

Kumpulan blog belajar anak indonesia terpadu saat ini

Kandungan kimia daun sirih merah

Kandungan kimia daun sirih merah – Kandungan kimia daun sirih merah berkhasiat untuk menumpas berbagai jenis penyakit. Oleh sebab itu, para herbalis sudah banyak menggunakan tanaman sirih merah untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
Dalam daun sirih merah mengandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Sebuah buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic” menyatakan bahwa senyawa alko-koloid dan flavonoid mempunyai aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.
Kandungan kimia daun sirih merah yang lainnya adalah minyak atsiri sebagai bahan pembuat minyak tawon – baca juga post manfaat minyak tawon. Selain itu juga mengandung senyawa kimia hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Oleh sebab banyaknya kandungan kimia daun sirih merah inilah, daun sirih merah memiliki khasiat yang begiru luas untuk digunakan sebagai bahan obat.
Senyawa Eugenol bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.
Sumber : http://www.obatherbalalami.com/2012/11/kandungan-kimia-daun-sirih-merah.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Kandungan kimia daun sirih merah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://xillem.blogspot.com/2013/04/kandungan-kimia-daun-sirih-merah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adinew -